Khasiat Kurma Untuk Kulit dan Rambut

Khasiat Kurma Untuk Kulit dan Rambut
Di bulan suci Ramadhan, kurma menjadi salah satu buah yang selalu dikonsumsi saat berbuka puasa. Buah kurma segar memiliki rasa manis dan daging berserat lembut yang mengandung dekstrosa dan fruktosa yang mudah dicerna oleh tubuh, serta mampu memulihkan energi tubuh secara cepat. Karena gula alaminya baik sebagai sumber energi, kurma dapat dijadikan hidangan utama. Selain itu, kurma juga kaya akan sumber vitamin dan mineral yang tinggi dan dapat membantu mengontrol kolesterol dalam darah. Buah yang termasuk dalam tanaman palem ini ternyata juga bermanfaat bagi kecantikan kulit dan rambut.
 

Berikut ini kita akan melihat manfaat kurma untuk kecantikan yang dapat membantu perawatan kulit dan rambut Anda:

1.    Menjaga kulit awet muda



Kurma kaya akan vitamin C dan antioksidan di dalamnya. Oleh karena itu kurma mampu menghidrasi kulit secara optimal dan efektif untuk melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas. Kurma juga berpotensi untuk menyeimbangkan kadar kelembapan sekaligus elastisitas pada kulit. Hebatnya, antioksidan yang terdapat dalam buah kurma bekerja dari dalam dan luar tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi kurma secara teratur, akan menjaga elastisitas kulit, membuat kulit menjadi kencang dan awet muda.


Baca juga: 5 LANGKAH MUDAH MENJAGA KEINDAHAN MAHKOTA ANDA

2.    Mencegah infeksi pada kulit sensitif



Protein dan vitamin B6 di dalamnya mampu mencegah infeksi dan iritasi bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Selain dikonsumsi, kurma juga dapat dijadikan masker wajah untuk perawatan kulit dan membuatnya tampak segar dan bersinar. Caranya adalah dengan menghaluskan kurma dan yoghurt dingin ke dalam blender, kemudian dioleskan pada wajah sebagai masker. Biarkan menempel pada wajah Anda selama lebih kurang 10-20 menit, sebelum dibilas.


3.    Menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit



Kurma juga dapat dijadikan body scrub alami untuk perawatan kulit tubuh dengan cara mencampurkannya dengan bahan-bahan lainnya. Body scrub alami ini dapat  membersihkan, melembutkan, dan menjaga kekenyalan kulit. Cara membuat body scrub menggunakan kurma adalah dengan memasukkan buah aprikot, kurma, dan cranberries ke dalam blender. Tambahkan juga dengan 1 ½ sdt oatmeal ke dalamnya. Haluskan semua bahan hingga lumat, kemudian gunakan sebagai scrub sewaktu mandi.


4.    Mengatasi masalah rambut



Kandungan asam pantotenat dalam buah kurma, dapat menjaga kesehatan rambut. Konsumsi buah kurma secara teratur untuk mengatasi beberapa masalah rambut seperti rambut bercabang, rapuh, dan kering. Selain itu, vitamin dan mineral penting di dalam kurma mampu menyuplai nutrisi ke kulit kepala dan akar rambut, sehingga membuatnya semakin kuat dan terhindar dari masalah kerontokan.


Dari berbagai paparan manfaat kurma di atas, terlihat bahwa kurma sangat kaya manfaat tidak hanya dalam bidang kesehatan namun juga kecantikan.  Karena itu, ayo konsumsi buah kurma pada bulan Ramadhan ini, agar Anda tidak hanya mendapatkan kulit dan rambut yang cantik, tetapi juga terhindar dari tubuh yang lemas karena berpuasa. Andapun akan tetap terlihat cantik dan fresh sepanjang hari! Selamat berpuasa ya! (Puput/Marini)

Artikel Rekomendasi : INGIN WAJAH MULUS DAN SEHAT? JANGAN LUPAKAN 5 HAL PENTING INI!