Pahami Pentingnya Tidur Berkualitas

Pahami Pentingnya Tidur Berkualitas
Menurut penelitian, tidur mempunyai peran yang sangat penting bagi kesehatan tubuh, seperti untuk fungsi imun, metabolisme, daya ingat, kemampuan belajar, serta fungsi-fungsi vital lainnya. Yu cari tahu pentingnya tidur berkualitas untuk tubuh Anda.

Seperti yang kita ketahui, tidur adalah kebutuhan hidup setiap orang yang tak bisa ditinggalkan. Dengan tidur, kesehatan akan terpelihara, kinerja otak bisa stabil dan meningkat. Tidur berkualitas bisa membangkitkan kembali mood dan gairah yang menurun.

Pada saat kita tidur  tubuh melakukan perbaikan yang dibutuhkan, racun-racun dibuang dan sel serta jaringan tubuh dibangun kembali. Otak juga memproses stres yang dikumpulkan saat tubuh tidur dan mengurangi efek buruk terhadap sistem tubuh. Dapat ditarik kesimpulan tubuh dan pikiran tidak dapat berfungsi dengan baik kalau kialitas tidur kita juga tidak baik.

Bisa dikatakan, ternyata tidur yang berkualitas akan membuat kita jauh lebih baik bagi kesehatan fisik maupun organ-organ yang ada di dalam tubuh kita. Akan tetapi kenyataannya banyak sekali orang yang tidurnya tidak berkualitas, baik dari durasi lamanya tidur dan seringnya terbangun saat tidur.

Baca Juga : 4 Posisi Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh


Apa dampak jika tidur kita tidak berkualitas ?
Tidur yang tidak berkualitas justru bisa menimbulkan efek buruk yang tidak diharapkan. Tubuh bisa menjadi sakit, kinerja otak menurun, juga bisa meningkatkan risiko celaka saat kerja dan saat berkendara, dalam jangka yang lama mental kita akan terganggu.
Menurut dr. Neil B Kavey, Direktur Sleep Disorder Center di medic Center Columbia-Presbyterian, New York, Amerika Serikat, "Kurang tidur bisa berpengaruh secara fisik, yang menyebabkan kemampuan koordinasi tubuh menurun".

Faktor yang membuat tidur tidak berkualitas

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang dapat tidur dengan nyenyak dan berkualitas, seperti lingkungan sekitar dapat dibuat sedemikian rupa agar lebih nyaman, hal yang sebaiknya diperhatikan adalah :

#  Tempat tidur; Kasur baiknya tidak terlalu keras dan tidak terlalu empuk, sehingga dapat memiliki titik fokus yang merata di seluruh tubuh.
#  Bantal; Penyebab sulitnya tidur atau sering terbangun saat tidur sering ditemui di area leher dan punggung, hal itu biasanya karena pemilihan bantal yang salah. Bantal yang baik adalah yang mampu menopang kepala dan memosisikan leher yang baik, terhadap tubuh.
#  Suara; suara yang terlalu bising dapat mengganggu seseorang tidur dengan baik
#  Menghindari makanan atau minuman yang mengandung kaffein
#  Jangan terlalu banyak minum saat menjelang tidur, mengonsumsi air putih memang baik akan tetapi takaran sebaiknya jangan terlalu berlebihan karena dapat meningkatkan buang air kecil pada malam hari, ini yang membuat kualitas tidur juga terganggu.
#  Kurangi aktivitas fisik sebelum tidur, seperti menonton televisi dan memainkan handphone.

Nah mitra K-Link dimanapun berada mulai sekarang selain pola makan dan olahraga yang teratur, istirahat pun juga mulai diperhatikan, buat istrahat atau tidur kita berkualitas ya.

Demikian informasi ini kami sampaikan semoga dapat berguna ya, terus simak artikel minggu depan ya mitra k-link di seluruh indonesia , karena minggu depan kita akan membahas tentang apa saja ciri-ciri istirahat atau tidur yang tidak berkualitas itu. (Angga/Inggrid)

Artikel Rekomendasi : Tips Menjaga Kualitas Tidur