Cegah Jerawat Memerah dan Semakin Parah

Cegah Jerawat Memerah dan Semakin Parah
Jerawat memang menjadi salah satu masalah yang sering dijumpai. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, jerawat juga akan menyebabkan penampilan kulit yang bersih dan bagus akan terlihat buruk, terlebih lagi jika sudah muncul warna merah yang dapat menandakan jerawat akan semakin parah. Untuk itu, cegah dan jangan biarkan kondisi tersebut terjadi pada Anda.

Jerawat merupakan suatu penyakit kulit yang terjadi akibat peradangan pada pori-pori. Peradangan ini disebabkan adanya kotoran yang menyumbat saluran minyak dan kemudian menguncang bakteri yang menyebabkan infeksi. Tidak hanya pada remaja yang tengah menginjak usia remaja dimana pertumbuhan hormon tidak terkendali sehingga bisa menyebabkan kelebihan minyak pada wajah dan menimbulkan jerawat secara berlebih, seseorang yang sudah melewati masa remaja pun dapat alami masalah jerawat, karena hal tersebut bergantung pada bagaimana kita menjaga dan merawat kulit kita.

Hal yang paling kita takutkan adalah ketika jerawat semakin hari semakin bertambah banyak, jerawat menjadi kemerahan dan bertambah parah. Apa yang menyebabkan jerawat menjadi kemerahan dan bertambah banyak bahkan bertambah parah? Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Sebelum membahas bagaimana cara mengatasinya, mari kita simak penyebab jerawat bertambah parah.

Beberapa kebiasaan buruk yang membuat jerawat semakin bertambah parah :

#    Malas membersihkan wajah



Kebersihan adalah hal yang wajib diperhatikan untuk kulit yang berjerawat. Karena kulit yang berjerawat lebih rentan terhadap bakteri dan kotoran-kotoran yang menempel pada wajah sehingga harus senantiasa diperhatikan kebersihannya.

Jangan meninggalakan wajah yang masih dibalut dengan make up ketika hendak tidur. Karena pada malam hari kulit beregenerasi, jika kita tertidur dengan keadaan wajah yang masih kotor maka proses regenerasi tidak akan berjalan sehingga terdapat penumpukan sel kulit mati yang akhirnya menyebabkan jerawat bertambah parah bahkan bermunculan jerawat-jerawat baru. Idealnya membersihkan wajah adalah 3-5 kali sehari, jangan dilakukan lebih dari 5 kali sehari karena jika terlalu sering membasuh wajah akan membuat kelenjar minyak memproduksi minyak secara drastis. Hal ini dilakukan oleh kelenjar minyak untuk mengantikan minyak yang hilang akibat terlalu sering membasuh muka.


#    Tidak menjaga kebersihan



Selain membersihkan wajah, lingkungan sekitar juga perlu diperhatikan agar jerawat tidak bertambah parah. Misalnya ponsel yang setiap hari kita gunakan untuk komunikasi termasuk salah satu sarang bakteri, sebuah penelitian menemukan bahwa ponsel memiliki bakteri 18 kali lebih banyak dari pegangan toilet pria. Kemudian alat make up yang setiap hari kita gunakan juga perlu diperhatikan kebersihannya, karena jika menggunakan alat make up yang kotor maka akan memicu jerawat bertambah parah. Selain itu bantal, bantal yang kita gunakan untuk beristirahat ternyata bisa jadi sarang bakteri jika tidak sering diganti, maka mulailah rutin untuk mengganti sprei yang kita gunakan.


#    Terlalu stres



Salah satu penyebab jerawat yaitu stres. Stres memicu hormon bekerja secara berlebihan  sehingga memicu munculnya jerawat, maka sebisa mungkin untuk tidak memikirkan hal-hal yang membuat anda stres. Dan jangan begadang, karena kurang tidur bisa jadi pemicu timbulnya stres. Stres juga mengurangi kekebalan tubuh sehingga proses penyembuhan jerawat semakin lama.


#    Merokok



Ternyata merokok bukan hanya menyebabkan gangguan kesehatan, tetapi juga dapat menyebabkan jerawat bertambah parah. Remaja yang merokok memiliki jaringan parut yang cukup banyak, hal ini disebabkan oleh zat kimia yang terkandung oleh rokok tersebut. Seseorang yang berjerawat memiliki pori-pori yang terbuka, pori-pori tersebut menjadi tempat favorit untuk bakteri dan zat kimia sehingga menghasilkan jaringan parut, selain itu merokok juga bisa membuat permukaan kulit tidak merata.


#    Pemakaian produk yang salah



Sebelum memutuskan untuk membeli produk, sebaiknya kenali terlebih dahulu jenis kulit, kemudian pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika jenis kulit Anda berminyak, carilah produk yang dapat mengontrol kadar minyak pada wajah dan yang mengandung bahan anti bakteri agar tidak mudah timbul jerawat, karena biasanya kulit berminyak cenderung berjerawat. Sebaliknya, jika kita memiliki jenis kulit yang kering, maka pilihlah produk yang banyak mengandung pelembab sehingga dapat menjaga elastisitas kulit wajah.


#    Makanan



Apa yang kita konsumsi dapat mempengaruhi keadaan kulit kita. Maka untuk mencegah timbulnya jerawat bertambah parah hindari makanan cepat saji. Untuk menyembuhkan jerawat, konsumsilah makanan yang banyak mengandung nutrisi.


#    Kebersihan rambut



Selain menjaga kebersihan wajah, kebersihan rambut juga harus diperhatikan. Mengapa? Karena rambut yang kotor dan berminyak bisa menjadi sarang bakteri yang mudah menempel pada wajah sehingga kita harus rajin mencuci rambut minimal 2 hari sekali

Setelah mengetahui hal-hal yang menyebabkan jerawat bertambah parah maka mulai saat ini hindarilah kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan jerawat bertambah parah. Lalu setelah menghindari hal-hal tersebut bagaimana cara agar jerawat yang sudah tumbuh tidak bertambah parah? Simak tips-tips berikut :

>    Stop, jangan memencet jerawat!
>    Selalu bersihkan tangan sebelum membersihkan wajah atau menyentuh wajah
>    Cuci wajah setelah beraktifitas
>    Jangan memijat wajah terlalu keras pada bagian yang berjerawat
>    Perhatikan kebersihan lingkungan dan alat-alat yang kita gunakan setiap hari
>   Gunakan sunscreen untuk melindung wajah dari sinar matahari yang dapat menyebabkan jerawat bertambah parah
>    Pilih penggunaan produk yang sesuai dengan jenis kulit
>    Hindari makanan yang memicu timbulnya jerawat
>    Konsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi
>    Penuhi kebutuhan air setiap harinya

Untuk merawat wajah yang berjerawat memang bukan hal yang mudah, dibutuhkan kesabaran yang ekstra. Dalam hal ini kedisiplinan sangatlah berperan, oleh karena itu jangan patah semangat untuk terus mencoba hingga tidak ada satupun jerawat yang tersisa diwajah anda!  Selamat mencoba. (Puput/Inggrid) (Beauty Advisor)