Bahaya Akibat Tidur Tak Berkualitas

Bahaya Akibat Tidur Tak Berkualitas
Sering sekali kita mendengar kata pola hidup sehat, tapi banyak juga yang masih melupakan apa saja pola tersebut. Umumnya, orang hanya menjaga makanan saja tanpa berolahraga dan sering melupakan tidur yang berkualitas untuk beristirahat. Hal inilah yang memicu menurunnya stamina dan berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Tidur adalah salah satu cara untuk mengobati rasa lelah, capek, dan juga menjaga tubuh agar tetap sehat. Tidur juga bermanfaat membersihkan racun dalam tubuh. Karena itu, tidur menjadi salah satu hal yang penting untuk kita lakukan setiap hari.

Bagaimana jika seseorang tidak pernah tidur atau tidak bisa tidur, atau tidurnya tidak nyenyak? Tentu orang tersebut akan merasakan sesuatu yang berbeda dari dirinya atas efek buruk yang dirasakannya. Ya, karena jika seseorang seharian tidak tidur atau tidak bisa tidur, badannya akan terasa tidak nyaman.

Sebenarnya dampak atau akibat dari tidur tidak nyenyak sangatlah banyak. Dampak itu akan sangat terasa pada tubuh, baik secara fisik maupun mental. Berikut ini adalah bahaya akibat tidur tidak nyenyak, antara lain:


Baca juga : Tips Menjaga Kualitas Tidur


1. Menurunnya memori
Tidur tidak nyenyak atau kurang tidur dapat membuat kemampuan otak Anda dalam menyerap informasi dari luar menjadi berkurang. Hal ini disebabkan karena ketika tidur, otak dan mengalami regenerasi. Jika kurang tidur, otak tidak akan melakukannya dengan sempurna.

2. Mudah cemas
Tidur yang tidak berkualitas membuat produksi hormon kortisol pada tubuh Anda akan menjadi berlebihan, sehingga kemungkinan besar Anda akan menjadi mudah stres dan cemas.

3. Diabetes

Kebiasaan mengonsumsi makanan pada saat kesulitan tidur atau tidur tidak nyenyak, membuat timbunan lemak bertambah sehingga akan mengganggu aktifitas hormon insulin dan memperbesar resiko terkena diabetes.


Baca juga : Kebiasaan ini menjadi penyebab timbulnya diabetes



4. Serangan jantung dan stroke
Disaat Anda tidur, racun akan dikeluarkan dari tubuh. Tubuh yang lelah menjadi kuat kembali. Jika tidur Anda tidak nyenyak, proses tersebut tidak akan berjalan sempurna, sehingga membuat timbunan toksin di dalam tubuh semakin banyak dan menghambat suplai darah. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan serangan jantung dan stroke.

5. Naiknya berat badan
Ketika tidur kita tidak berkualitas, hormon leptin kita akan terpacu keluar. Hormon ini memicu keadaan lapar sehingga kita memiliki nafsu makan yang semakin bertambah pada malam hari.


Baca juga : Cara Cepat menurunkan Berat Badan


Anda tentu tidak mau bukan mendapat dampak seperti diatas? Untuk itulah kita harus menjaga dan memperbaiki kualitas tidur kita.
Terdapat beberapa tips untuk meningkatkan kualitas tidur, diantaranya:
-    Batasi konsumsi kafein, karena kafein akan membuat kita tetap terjaga.
-    Hindari alkohol sebelum tidur.
-    Olahraga yang cukup.
-    Menjaga kondisi atau keadaan kamar selalu nyaman.
-    Mengonsumsi makanan yang membantu membuat rileks sebelum tidur.

Salah satu sumber makanan yang dapat meningkatkan kualitas tidur adalah kolostrum.  Kolostrum sering kita kenal sebagai makanan pertama kehidupan karena kolostrum diproduksi oleh semua mamalia betina pasca melahirkan (ASI pertama).

Kolostrum memiliki mekanisme kerja merangsang pengeluaran hormon melatonin.  Hormon melatonin inilah yang membuat kita rileks dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Dari mana mendapatkan sumber kolostrum?

Tidak usah khawatir, Anda bisa mendapatkan produk unggulan kolostrum K-Link yaitu K-C susu Skim Bubuk.

K-C susu Skim Bubuk
mengandung kolostrum, skim bubuk dan omega-3 yang kaya akan DHA. Kandungan kolostrum pada K-C Susu Skim Bubuk akan membantu Anda memperbaiki kualitas tidur menjadi lebih nyenyak sehingga dapat meningkatkan stamina dan energi keesokan harinya, serta membantu memulihkan kesehatan.

Selain mendapatkan manfaat tersebut, dengan mengonsumsi K-C Susu Skim Bubuk, kita akan mendapatkan manfaat lain dari skim bubuk dan omega–3 untuk perkembangan syaraf dan retina.
K-C Susu Skim Bubuk dapat dikonsumsi mulai dari balita sampai lansia, dengan melarutkan 1 saset K-C Susu Skim Bubuk ke dalam 250 ml air (jangan menggunakan air panas). Konsumsi dua kali sehari saat sarapan dan sebelum tidur.

Selain mengonsumsi K-C Susu Skim Bubuk, tidur Anda akan lebih berkualitas bila Anda tidur di atas K-E-Mattress dan mengenakan K-Elegance Tudung. K-E-Mattress dengan sinar infra merahnya dapat memperlancar peredaran darah dan metabolisme tubuh sehingga tidur Anda lebih nyenyak, tubuh menjadi lebih relaks dan lelah Anda pun hilang. Sementara K-Elegance Tudung juga memiliki sinar infra merah yang dapat membantu menghilangkan sakit kepala dan membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Demikian informasi singkat ini kami berikan, selamat mendapatkan tidur yang nyenyak berkualitas sehingga Anda tetap fit sepanjang hari! (Angga/Marini)


Artikel Rekomendasi : Posisi Tidur yang baik untuk kesehatan tubuh