Hindari 9 Makanan Ini Agar Alat Reproduksi Sehat

Hindari 9 Makanan Ini Agar Alat Reproduksi Sehat
Menjaga kesehatan organ intim merupakan hal yang sangat penting bagi wanita.  Hal ini karena apa yang ada dalam tubuh berkaitan erat dengan alat reproduksi dan rahim wanita. Untuk menjaga kesehatan alat reproduksi pun tidak perlu repot, diantaranya cukup dengan hindari makanan-makanan ini.

Setiap masalah yang timbul dalam sistem reproduksi dapat menyebabkan rahim rusak. Begitupun dengan tidak seimbangnya hormon yang bisa memunculkan masalah pada kesuburan dan membuat wanita mengalami kesulitan untuk hamil. Kesehatan sistem reproduksi dapat terganggu karena pola hidup dan makanan yang dikonsumsi. Karena itu, mengonsumsi makanan sehat sangat dianjurkan karena mampu meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi dan menjaga kesehatan organ intim wanita.

Salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan reproduksi wanita yaitu jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari. Asupan makanan yang tidak sehat dan kebiasaan makan yang tidak teratur bisa memicu beragam penyakit. Masalah-masalah yang berkaitan dengan organ reproduksi pun muncul dan  lambat laun membahayakan kesehatan. 


Untuk itu, sebaiknya Anda simak ulasan berikut ini supaya tahu makanan apa saja yang harus dihindari agar kesehatan organ reproduksi terjaga, antara lain: 
  1. 1. Makanan berlemak tinggi, makanan ini biasanya terdapat pada olahan junk food yang dapat memengaruhi kesuburan rahim.
  2. 2. Gula, tidak hanya menyebabkan obesitas pemanis, tapi juga bisa mengganggu organ reproduksi.  Kadar gula yang sangat tinggi dapat meningkatkan gula darah dan ketika kadar gula darah meningkat. Anda juga akan mengalami penurunan hormon estrogen, mempengaruhi kondisi rahim dan bisa juga memicu penyakit lain tumbuh di organ reproduksi wanita.
  3. 3. Terong, kandungan solanin pada terong bisa menghambat kesuburan bila dikonsumsi terlalu berlebihan. Tidak hanya itu, solanin yang terdapat pada terong juga menekan terjadinya proses ovulasi. Untuk Anda yang ingin segera hamil, sebaiknya hindari terong dan ganti dengan sayuran serta buah-buahan.
  4. 4. Kafein, soda, dan alkohol mengandung zat berbahaya yang tidak baik untuk kesuburan. Minuman bersoda juga memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, mengandung bahan pengawet dan bahan kimia sintetik, serta meningkatkan produksi racun yang menghambat detoksifikasi dalam tubuh yang dapat menghambat kesuburan. Alkohol juga merupakan salah satu penyebab terjadinnya gangguan pada kinerja organ hati, yakni saat organ hati terbebani akan terjadi penurunan jumlah hormon testosterone. Di sisi lain, kafein berpengaruh pada proses pembuahan yang meningkatkan kecemasan dan membuat kadar hormon tidak seimbang.
  5. 5. Monosodium Glutamat (MSG) yang kerap disebut dengan mecin, merupakan zat adiktif yang bisa memengaruhi tingkat kesuburan pada wanita dan pria. MSG juga dapat menyebabkan hormon esterogen menjadi tidak seimbang yang pada akhirnya berpengaruh pada tingkat kesuburan.
  6. 6. Mengonsumsi makanan mentah bisa meningkatkan resiko terpapar bakteri salmonella yang membahayakan organ reproduksi. Karena itu, para wanita sebaiknya menghindari konsumsi makanan mentah seperti telur, daging, dan ikan. 
  7. 7. Gorengan, merupakan makanan yang mengandung lemak tinggi. Hasil penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi lemak sebanyak 4 gram bisa meningkatkan risiko masalah kesuburan hingga 30 persen. Jadi, sebaiknya jangan terlalu banyak makan gorengan agar kesuburan Anda tidak terganggu. 
  8. 8. Karbohidrat seperti nasi, roti, kentang jenis makanan ini ternyata cepat merubah menjadi gula. Kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan ketidaksuburan. Untuk itu, sebagai alternatif pilihlah karbohidrat kompleks seperti beras merah dan roti gandum yang tidak mudah menjadi gula.
  9. 9. Hindari makan sayuran dan buah yang mengandung pestisida, penggunaan pestisida pada beragam tanaman dan buah-buahan menyebabkan perubahan ketidakseimbangan hormon dan juga bisa menyebabkan tumor serta kanker.  Maka dari itu, jangan lupa untuk mencuci bersih sayur dan buah sebelum dikonsumsi.


Menjaga kesehatan organ intim tidak hanya dari kebersihan pakaian dan lingkungan, tapi juga asupan makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan munculnya gangguan pada organ reproduksi. Yuk, hindari 9 makanan tadi agar alat reproduksi tetap sehat. (Diah/Dwita)