Makanan Ini Membuat Payudara Lebih Berisi, Lho!

Makanan Ini Membuat Payudara Lebih Berisi, Lho!
Payudara merupakan salah satu ‘aset’ berharga bagi setiap wanita. Tak hanya sebagai pemberi air susu ibu (ASI), tapi juga berperan penting dalam aktivitas seksual. Payudara terbentuk dari lemak, jaringan ikat, dan ribuan lobulus (kelenjar kecil penghasil air susu). Kelenjar di dalam payudara pun akan menghasilkan air susu setelah melahirkan. Selain berfungsi untuk menghasilkan ASI, payudara juga bermanfaat sebagai penunjang keindahan tubuh seorang wanita. 

Memiliki payudara besar dan indah merupakan kebanggaan tersendiri bagi wanita, meskipun tidak semua wanita menginginkan payudara yang besar. Setiap ukuran dan bentuk payudara memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tapi rata-rata masyarakat berpikir bahwa payudara yang berisi adalah impian. Oleh karena itu, para wanita dengan payudara kecil yang juga mengendur  tentu menginginkan payudaranya padat dan berisi. 


Letak payudara memang tersembunyi, namun tetap harus terjaga kesehatannya. Anda pun perlu mengetahui hal-hal apa saja yang mengakibatkan payudara mengendur agar dapat kencang lagi seperti semula. Berikut ini beberapa penyebab payudara mengendur, antara lain: 
  • Penuaan
  • Seiring dengan bertambahnya usia, serat elastin dan kolagen yang ada pada payudara dan dapat memelihara kesehatan serta kekencangan payudara akan semakin menurun. Hal inilah yang membuat payudara semakin mengendur. 
  • Hamil dan menyusui
  • Masa kehamilan dan menyusui membuat berat badan menjadi tidak stabil yang mengakibatkan payudara menjadi kendur.
  • Diet yoyo atau berat badan naik dan turun dalam jangka waktu yang cepat
  • Penurunan berat badan merupakan salah satu penyebab payudara mengendur karena payudara kehilangan lemak lebih cepat. Ketika berat badan kembali bertambah, ligament pada tubuh kemungkinan sudah tidak ada pada tempat yang seharusnya bisa mendukung jaringan di payudara. 
  • Gaya gravitasi
  • Gaya gravitasi juga mempengaruhi besar kecilnya ukuran payudara. Maka dari itu, para wanita diharuskan menggunakan hal pendukung yang bisa mengatasi efek dari gravitasi yang terjadi, misalnya menggunakan bra yang tepat.
  • Olahraga
  • Gerakan olahraga seperti jogging dapat memberikan gerakan berulang pada payudara dengan cepat, yang menyebabkan payudara mengendur. Apalagi saat berolahraga tidak menggunakan sport bra atau pakaian yang menyangga payudara, maka bisa memperburuk bentuk payudara.


Tanpa harus melakukan operasi yang menghabiskan banyak biaya, sebetulnya ada cara alami yang Anda bisa lakukan. Cara alami ini melalui makanan-makanan yang Anda dapat konsumsi setiap hari, yaitu:  
  1. 1. Alpukat
  2. Selain enak diminum, alpukat juga bermanfaat untuk membesarkan payudara. Hal ini karena kandungan lemak yang dikandung buah alpukat merupakan lemak tak jenuh yang menyehatkan. Alpukat mampu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik yang dapat membantu melindungi dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Nah, karena payudara juga terdiri atas lemak, maka lemak baik yang terkandung pada alpukat bisa menyumbang porsi lemak dalam payudara dan membuatnya makin berisi.
  3. 2. Gandum
  4. Gandum mengandung semua mineral, vitamin, dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan tentunya sangat baik untuk kesehatan. Selain mengandung banyak serat, di dalam gandum juga terdapat fitoestrogen yakni berupa lignan yang berperan untuk memelihara kesehatan payudara.
  5. 3. Biji wijen
  6. Biji wijen mengandung estrogen alami yang sangat baik untuk kesehatan payudara. Tidak hanya itu, makanan ini juga mengandung serat yang bermanfaat untuk memperbaiki kerja sistem pencernaan. Biasanya, minyak biji wijen dan biji wijen sering dijadikan campuran makanan seperti salad atau sup. Rasanya yang gurih dan netral, juga bisa membuat masakan menjadi lebih lezat. 
  7. 4. Brokoli
  8. Sayuran hijau ini dapat membantu mengurangi risiko berbagai jenis kanker karena mengandung glukoraphanin yang sangat efektif dalam mencegah kanker. Brokoli juga mampu menyumbang kandungan estrogen yang bisa mempercepat pertumbuhan payudara. 
  9. 5. Kedelai
  10. Fitoestrogen adalah hormon estrogen alami yang terdapat pada tumbuhan, sehingga juga berpengaruh terhadap kesehatan payudara. Isoflavonnya ampuh memerangi radikal bebas, menurunkan risiko kanker payudara dan meringankan gejala menopause. Selain itu, mengonsumsi kedelai secara rutin, mampu menurunkan kolesterol jahat serta mengurangi risiko terkena osteoporosis. 

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, Anda harus konsisten melakukannya. Hal ini pun harus Anda imbangi dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat juga. Nah, tanggal 26 Oktober nanti, akan diperingati sebagai Hari Kanker Payudara Sedunia, untuk itu mari kita tingkatkan kesadaran untuk menjaga kesehatan payudara agar terhindar dari penyakit yang mematikan ini, ya! (Puput/Dwita/Marini)