10 Super Food untuk Ibu Menyusui

10 Super Food untuk Ibu Menyusui
Bagi seorang wanita, menjadi seorang ibu merupakan hal yang menakjubkan. Menjalankan proses kehamilan selama sembilan bulan sudah mampu memberikan kebahagiaan tersendiri. Kebahagiaan ini akan meningkat ketika bayi sudah terlahir ke dunia. Sebagai seorang ibu, pemberian ASI ekslusif pada bayi Anda menjadi hal yang sangat ingin dilakukan. Berdasarkan anjuran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, bayi sebaiknya diberikan ASI eksklusif selama enam bulan, lalu dilanjutkan sampai usia dua tahun dengan menambahkan makanan pendamping ASI (MPASI) bagi bayi di atas usia enam bulan.


Semua ibu pasti ingin memastikan kebutuhan ASI pada anaknya dapat terpenuhi. Karena itu, berikut ini terdapat daftar 10 super food yang dapat dikonsumsi dalam upaya meningkatkan produksi ASI Anda, antara lain: 
  1. 1. Fenugreek
  2. Fenugreek sangat terkenal karena sangat berkhasiat dalam meningkatkan produksi ASI. Efek yang dihasilkan pun dapat dirasakan dalam waktu singkat. Fenugreek sendiri merupakan tanaman yang dikenal dengan nama klabet / klebet dalam bahasa Indonesia ini merupakan jenis tanaman yang berasal dari Yunani.
  3. 2. Fennel Seed
  4. Fennel seed lebih popular di benua Eropa. Ramuan ini tidak hanya baik untuk meningkatkan produksi susu, tapi juga bagus dalam merangsang let down refleks pada ibu menyusui. Tidak hanya itu, mengonsumsi teh fennel seed dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, terutama masalah kolik perut. Karena itu, fennel seed sering dianjurkan untuk dikonsumsi seorang ibu yang mempunyai bayi kolik.
  5. 3. Blessed Thistle
  6. Ramuan ini tidak hanya bagus untuk produksi ASI, namun juga rasa pahitnya juga bisa membantu sistem pencernaan. Karena rasa pahitnya itu, kebanyakan ibu lebih suka menggunakan bentuk suplemen daripada bentuk teh.
  7. 4. Daun Alfalfa
  8. Daun Alfalfa sudah terkenal sebagai super food untuk meningkatkan produksi ASI. Selain itu, mengonsumsi daun alfalfa selama kehamilan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan payudara untuk mengembangkan lebih banyak jaringan pembuat susu. Alfalfa juga kaya nutrisi dan mineral, terutama vitamin K. Karena itu, banyak bidan menyarankan para ibu hamil mengonsumsi alfalfa minimal enam minggu sebelum kelahiran. Hal ini dapat membantu menghindari pendarahan yang berlebihan saat lahir dan menyegarkan tubuh lebih cepat pasca melahirkan.
  9. 5. Habbatusauda
  10. Dalam literatur Islam, habbatusauda dikenal sebagai 'obat untuk segala penyakit kecuali kematian’. Bagi ibu menyusui, habbatusauda diketahui bisa meningkatkan jumlah produksi ASI dan membuat payudara ibu lebih cepat full. Hal ini karena tidak hanya kandungan proteinnya yang tinggi, tapi juga kaya akan zat besi, sehingga bisa memulihkan tenaga ibu setelah persalinan. 
  11. 6. Daun katuk
  12. Daun katuk memang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia karena bermanfaat untuk memperlancar ASI. Kandungan protein dan zat besi di dalamnya dapat meningkatkan jumlah produksi ASI. Sayangnya, kini daun katuk sudah semakin sulit ditemui.
  13. 7. Bayam
  14. Sama halnya dengan daun katuk, bayam juga sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia untuk memperlancar ASI. Hal ini karena bayam merupakan salah satu sumber zat besi yang baik bagi ibu menyusui. Selain zat besi, bayam juga kaya akan vitamin B6 yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh pada bayi. 

  15. Nutrisi lainnya yang ada pada bayam yaitu vitamin A, C, E, K, protein dan juga berbagai macam mineral sepeti riboflavin, asam folat, kalsium, magnesium, thiamin, kalium dan juga fosfor. Bayam pun memiliki enzim bernama phytoestrogens yang bermanfaat dalam memproduksi ASI. Enzim ini juga terdapat pada sayuran yang berwarna hijau tua lainnya.
  16. 8. Oat
  17. Oat memiliki kandungan serat yang tinggi, berbagai vitamin dan mineral. Maka dari itu, mengonsumsi oat dapat memperlancar ASI, sehingga baik bayi. 
  18. 9. Jagung
  19. Jagung manis mengandung karbohidrat dan juga protein yang dapat dimanfaatkan untuk memperbanyak ASI. Bahkan, seorang ibu yang habis melahirkan dan ASI-nya belum keluar bisa didorong dengan mengonsumsi jagung.
  20. 10. Pohon papaya
  21. Semua bagian dari pohon pepaya dapat digunakan sebagai pelancar ASI, baik buah, bunga maupun daunnya. Dalam buah maupun bunga pepaya terdapat vitamin A, vitamin C, mineral seperti kalsium, asam folat dan juga enzim papain. Selain itu, buah pepaya juga memiliki banyak cairan, sehingga baik untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam memproduksi ASI.


ASI memang berperan penting terhadap bayi. Kandungannya yang sangat baik untuk pertumbuhan bayi hingga dewasa tentu diharapkan tercukupi. Semoga daftar super food ini dapat membantu Anda dalam mencari ragam makanan untuk memperlancar ASI ya. (Fina/Dwita)