Kenali Kanker Sebelum Terlambat: Dari Stadium 0 Sampai IV

Kenali Kanker Sebelum Terlambat: Dari Stadium 0 Sampai IV
Pada artikel sebelumnya telah dibahas pengenalan mengenai kanker. Nah, kali ini saatnya mengetahui tingkatan-tingkatan kanker, mulai dari stadium 0 sampai IV. Setiap tingkatan tentu memiliki gejala dan jumlah sel kanker yang berbeda. Oleh karena itu, mari simak ulasan berikut ini. 

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada bulan Februari 2017 mengatakan bahwa satu dari setiap enam kematian di dunia disebabkan oleh kanker. Terdapat kurang lebih 14 juta orang pengidap kanker setiap tahunnya pada 2012 dan diperkirakan bertambah menjadi 21 juta pada tahun 2030. WHO pun menggarisbawahi pentingnya dilakukan deteksi dini. Selain bisa memperkecil peluang gangguan kesehatan karena sel kanker bertambah, biaya berobat pun dapat berkurang. 


Deteksi dini berguna untuk mengetahui sejauh mana gejala kanker yang dialami. Jika memang telah mengidap kanker, maka bisa diperkecil kemungkinannya agar tidak semakin parah dari sekarang. Salah satu contohnya dari deteksi dini, Anda dapat mengetahui tingkatan atau stadium kanker yang dialami. Stadium adalah tingkatan tentang seberapa banyak sel-sel kanker pada tubuh dan lokasinya. Setiap tingkatan memiliki gejala dan jumlah sel kanker yang berbeda. 

Berikut ini merupakan stadium kanker, mulai dari stadium 0 hingga stadium IV, yaitu: 
  • Stadium 0
  • Pada tingkatan ini, gejala awal yang dialami pengidap kanker umumnya muncul dari sel yang tidak normal pada bagian tubuh tertentu. Misalnya jenis kankernya adalah kanker serviks, maka sel kankernya hanya ada pada bagian sel di permukaan lapisan sel yang melapisi leher rahim. Sel tersebut tidak tumbuh atau menyerang jaringan serviks lebih dalam.  
  • Stadium I
  • Dalam stadium I, sel-sel yang tidak normal akan mulai bergabung membangun jaringan yang bersifat kanker. Meski begitu, gejala ini merupakan pertanda kalau peluang untuk disembuhkan masih terbuka lebar. 
  • Stadium II
  • Pada tingkatan ini, gejala kanker ditunjukkan dengan jaringan yang terdapat dan telah berkembang menjadi tumor kecil. Namun, umumnya penyebaran sel kanker ini belum terlalu menyebar pada organ tubuh seseorang. 
  • Stadium III
  • Bagi pengidap kanker stadium III, itu berarti tumornya sudah berkembang dan bersifat ganas. 
  • Stadium IV
  • Kanker tingkatan IV atau stadium akhir dapat dilihat dari beberapa bagian organ tubuh yang telah terkena sel kanker. Penyebarannya telah berlanjut dan umumnya kanker stadium IV sulit dipulihkan. 
 

Gangguan kesehatan karena mengidap kanker dan biaya pengobatan yang mahal tentu tak ingin dialami oleh siapapun. Maka dari itu, jangan bosan terapkan pola hidup sehat agar tubuh bugar dan aktivitas lancar. Anda dapat memulainya dari perbanyak konsumsi makanan dan minuman sehat, mengurangi kebiasaan merokok, tenangkan pikiran agar tidak stres, berolahraga dengan teratur dan periksa kesehatan secara rutin ke dokter. (Jabbar/Dwita/Marini