9 Manfaat Buah Lemon Untuk Kecantikan yang Belum Tentu Anda Ketahui

9 Manfaat Buah Lemon Untuk Kecantikan yang Belum Tentu Anda Ketahui
Lemon adalah sejenis buah yang tergolong dalam jeruk-jerukan. Jeruk lemon menjadi salah satu varian jeruk yang banyak diminati, karena selain dapat digunakan untuk penyedap makanan atau minuman, lemon juga merupakan salah satu buah yang sering digunakan untuk perawatan kecantikan, mulai dari perawatan kulit hingga perawatan tubuh.

Buah lemon sangat kaya akan vitamin C, magnesium, kalium, kalsium, asam folat, serat, karbohidrat, protein, lemak, serta Vitamin B1,B2,B3 dan B5. Buah lemon juga memiliki kandungan antioksidan dan fungsinya sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh manusia. Mengingat kandungan nutrisi dalam buah lemon yang sangat banyak, maka tidak heran jika buah lemon berperan penting baik dalam bidang kecantikan maupun bidang kesehatan. Berikut beberapa manfaat buah lemon untuk kecantikan :

Baca Juga    : Mata Sehat Pancarkan Kecantikan


1. Obat Penghilang Jerawat



Lemon dapat digunakan sebagai obat penghilang jerawat, perasan air lemon mengandung antibakteri yang dapat mengatasi bakteri penyebab jerawat. Campuran air lemon dan madu dipercaya dapat menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang meninggalkan noda hitam pada kulit.


2. Mencerahkan Kulit dan Menyamarkan Noda Hitam





Asam yang terkandung dalam sari lemon juga terbukti dapat mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam pada wajah. Anda dapat memeras sari dari buah lemon, dan memasukkannya ke dalam botol spray, lalu semprotkan ke area kulit wajah Anda.


3. Melembapkan Bibir



Kandungan vitamin C selain untuk mencerahkan kulit juga dapat melembapkan bibir yang kering, karena vitamin C pada buah lemon dapat mengangkat sel kulit mati pada bibir sehingga menjaga bibir tetap lembap. Caranya gosokkan irisan lemon ke bibir dengan perlahan, setelah itu diamkan beberapa menit lalu cucilah dengan air dingin. Lakukan secara rutin untuk menjaga bibir tetap lembap.


4. Memutihkan Gigi



Kandungan kalsium pada buah lemon dapat bermanfaat memutihkan gigi. Caranya campurkan perasan air lemon dengan baking soda lalu oleskan pada gigi yang nampak kuning. Diamkan selama beberapa menit kemudian sikat gigi Anda dan bersihkan dengan air. Jangan melakukan tips ini terlalu sering, karena asam dalam perasan air lemon ini dapat merusak email gigi Anda.


5. Mengecilkan Pori-Pori



Sari buah lemon juga dapat mengecilkan pori-pori, simpan perasan atau sari lemon dalam lemari es. Kemudian oleskan ke seluruh wajah yang telah dibersihkan, diamkan hingga mengering atau meresap lalu cuci hingga bersih. Sebaiknya lakukan pada pagi hari, dan jangan menyimpan sari lemon dalam lemari es lebih dari satu minggu.


6. Me-reduce Kelebihan Minyak



Air jeruk lemon juga dapat mengurangi (reduce) kelebihan minyak pada kulit wajah bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak atau kombinasi. Oleskan air jeruk lemon setiap hari sesudah selesai dari rutinitas atau ketika hendak beristirahat.


7. Memperbaiki Jaringan Kulit



Kandungan vitamin B1, B2 dan B3  mampu memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan meningkatkan sel-sel kulit menjadi lebih aktif, sehingga jeruk lemon dapat dijadikan sebagai anti aging.


8. Sebagai Antioksidan


Nutrisi yang terkandung pada lemon dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal efek buruk dari radikal bebas seperti debu, bakteri, asap, dan paparan sinar matahari.


Biasanya kaum hawa melakukan berbagai cara agar mendapatkan tubuh yang langsing, tetapi cara diet yang salah justru malah akan membahayakan kesehatan tubuh. Buah lemon adalah salah satu buah yang dapat membantu mengurangi lemak dalam tubuh.

Cara diet dengan buah lemon adalah :
Campurkan sari jeruk lemon pada 150 air minum hangat, lalu tambahkan madu bila dirasa perlu. Aduk hingga merata dan siap untuk diminum.

Jika Anda rutin melakukannya, maka dalam waktu seminggu akan turun berat badan sampai 2 kg. Tetapi harus dibarengi dengan olahraga yang teratur, dan kurangi porsi makan Anda. Diet ini tidak disarankan untuk jangka panjang, setidaknya lakukan seminggu dalam sebulan saja agar hasilnya efektif dan tubuh tidak kekurangan asupan nutrisi lainnya.

Demikian informasi mengenai manfaat buah lemon untuk kecantikan, semoga bermanfaat. Selamat mencoba! (Puput /Marini)

Artikel Rekomendasi    : K-Golden Valley Bermanfaat Untuk Kecantikan