Pentingnya Kondisioner untuk Kesehatan Rambut

Pentingnya Kondisioner untuk Kesehatan Rambut
Siapa yang tidak ingin memiliki rambut yang indah dan sehat? Setiap orang pasti menginginkannya. Cara mendapatkannya pun mudah. Cukup dengan rutin menggunakan kondisioner, maka rambut indah dan sehat dapat Anda miliki. Namun, banyak orang beranggapan bahwa kondisioner tidak penting untuk rambut, padahal pemakaiannya secara rutin berpengaruh terhadap kesehatan dan keindahan rambut, lho. 

Selain dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi, Anda juga perlu merawat rambut dari luar agar kesehatan dan keindahan rambut Anda tetap terjaga. Salah satu perawatan dari luar yang tidak kalah penting selain sampo adalah menggunakan kondisioner. Pemakaian kondisioner tidak hanya sebagai pelengkap saat mencuci rambut saja, tapi juga menutrisi rambut. Lalu, apa saja ya manfaat lain dari kondisioner untuk rambut? Berikut ini beberapa di antaranya: 


  1. 1. Pengatur kutikula rambut
  2. Tidak hanya untuk melembapkan, kondisioner juga berfungsi merapikan kutikula rambut. Jika rambut dilihat menggunakan mikroskop, maka kutikula rambut akan terlihat berantakan. Nah, dengan memakai kondisioner, kutikula rambut akan tersusun rapi kembali. Hasilnya, rambut Anda akan menjadi semakin lembut dan mudah diatur.
  3. 2. Pencegahan kerusakan rambut
  4. Banyak faktor yang dapat menyebabkan kerusakan rambut, di antaranya polusi, sinar matahari, penggunaan bahan kimia dan alat penata rambut. Untuk mencegah kerusakan rambut, kondisioner juga berperan penting dalam menjaga kesehatan dengan menyuplai nutrisi ke rambut. Sehingga, rambut akan terlindungi dari faktor-faktor yang menyebabkan kerusakan. 
  5. 3. Memberikan cairan pada folikel 
  6. Saat rambut sangat kering akibat penggunaan bahan kimia atau saat musim dingin, penggunaan kondisioner setiap keramas dapat membantu folikel tetap mengandung cairan. Hal itu membuat rambut menjadi lebih lembap dan sehat. 

Fungsi utama kondisioner adalah menutrisi serta membuat rambut sehat dan indah berkilau. Tetapi, ada kondisioner yang justru merusak rambut. Jika produk yang digunakan berbahan dasar silikon, maka dapat menghilangkan nutrisi alami rambut. Jadi, Anda harus memastikan untuk memilih kondisioner yang tidak mengandung bahan dasar silikon. Selain itu, pilihlah kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda. 


Anda pun tidak perlu khawatir susah mendapatkan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda, karena K-LINK memiliki beberapa varian kondisioner yang mengandung bahan-bahan alami dan aman digunakan. Berikut ini beberapa varian kondisioner dari K-LINK, antara lain: 
  • 1. K-Care Honey & Goat’s Milk Conditioner yang mengandung madu dan susu kambing. Cocok dipakai untuk Anda yang memiliki rambut kering. Produk ini dapat membantu melindungi rambut Anda agar tetap sehat dan terjaga kelembapannya, sehingga mudah ditata.
  • 2. K-Care Olive Love Conditioner mengandung minyak zaitun, ricinus oil, tea tree oil, ekstrak lemon, climbazole yang dapat membantu mengontrol kadar minyak dan sebum pada kulit kepala bagi Anda yang memiliki rambut berminyak. Kondisioner ini juga bisa melindungi rambut agar tetap sehat dan terjaga kelembapannya, sehingga rambut menjadi lebih halus, lembut dan bebas ketombe.
  • 3. K-Care Paradiso Conditioner mengandung sapora, urang aring, ginseng, minyak zaitun, capsicum ext yang membantu meransang pertumbuhan rambut dan menghindari kerontokan. Kesuburan rambut pun terjaga dengan pelembap yang melembutkan, mengurangi masalah rambut seperti rambut kering dan membuat rambut lebih mudah diatur.
  • 4. K-Care Wonderland Conditioner mengandung arginine, aloe vera, VCO dan minyak zaitun yang berfungsi memberikan nutrisi agar rambut yang rusak atau rapuh karena bahan-bahan kimia tetap lembap, lembut dan tidak bercabang. Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki rambut yang sudah diberi pewarna.
  • 5. K-Care Chlorophyll Conditioner mengandung pigmen alami yang dapat merawat kilau rambut Anda dan moisturizer alami untuk melembutkan rambut Anda.  Uniknya, kondisioner ini dapat digunakan setiap hari untuk semua jenis rambut dan dilengkapi dengan aroma lavender yang menyegarkan penampilan Anda. 

Setelah mengetahui jenis rambut Anda, pilihlah kondisioner yang sesuai. Hal ini penting agar perawatan yang Anda lakukan tidak sia-sia. Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk penggunaan kondisioner? 

Pemakaian kondisioner sebaiknya dimulai dari ujung ke batang rambut dan tidak menyentuh kulit kepala. Kemudian, gunakan kondisioner pada saat yang tepat, yakni setelah keramas dengan sedikit mengeringkan rambut memakai handuk sebelum mengaplikasikan kondisioner pada rambut. Gunakan jari-jari atau sisir untuk mengoleskan kondisioner, diamkan hingga tiga menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Untuk Anda yang ingin mendapatkan rambut sehat dan indah, jangan lewatkan perawatan rambut dengan menggunakan kondisioner dari rangkaian K-Care secara rutin. Memiliki rambut yang sehat dan indah, merupakan salah satu faktor yang membuat penampilan Anda menjadi lebih menarik. (Puput/Dwita/Marini)